Logo Bloomberg Technoz

Peluncuran Roket Starship Ditunda Hingga November, SpaceX Geram

News
11 September 2024 08:50

Roket Starship dari SpaceX. (Dok. Bloomberg)
Roket Starship dari SpaceX. (Dok. Bloomberg)

Loren Grush—Bloomberg News

Bloomberg, SpaceX Elon Musk mengkritik keputusan penundaan proses perizinan untuk peluncuran roket Starship berikutnya. Perusahaan mengatakan bahwa persetujuan pemerintah AS akan memakan waktu berbulan-bulan lebih lama daripada yang diperkirakan sebelumnya.

SpaceX mengatakan bahwa mereka berharap untuk menerima lisensi dari Administrasi Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration/FAA) pada akhir November untuk meluncurkan uji coba kelima dari roket Starship. 

SpaceX menyatakan dalam keterangan resmi di situs web perusahaan hari Selasa waktu setempat.  FAA sebelumnya telah menyampaikan kerangka waktu persetujuan pada pertengahan September, kata SpaceX. Perwakilan FAA tidak menanggapi permintaan komentar.

SpaceX merilis kabar terbaru saat Kelvin Coleman, kepala kantor Transportasi Luar Angkasa Komersial FAA, memberikan kesaksian pada sidang dengar pendapat di DPR atas upaya merampingkan proses perizinan peluncuran roket dengan lebih baik. Menanggapi pertanyaan tentang kecepatan persetujuan, Coleman membahas Starship secara khusus.