Logo Bloomberg Technoz

Gantikan Risma, Jokowi Akan Lantik Sekjen PBNU jadi Mensos

Redaksi
11 September 2024 08:18

Presiden Jokowi membuka PON XXI di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Provinsi Aceh, Senin (9/9/2024). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi membuka PON XXI di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Provinsi Aceh, Senin (9/9/2024). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tiga pejabat negara pada akhir masa jabatannya yang tersisa sekitar 39 hari. Pelantikan pada Rabu Legi ini akan dilaksanakan di Istana Negara pukul 09.00 WIB.

Tiga pejabat baru tersebut akan mengisi posisi sebagai Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Bapak Presiden diagendakan akan melantik Bapak Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024," kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (11/9/2024). 

Saifullah Yusuf adalah Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Dia akan menggantikan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tri Rismaharini yang mengundurkan diri usai mendaftar sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Timur.

Jokowi kemudian akan melantik Inspektur Jenderal Eddy Hartono sebagai kepala BNPT. Mantan kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror atau Densus 88 Polri ini akan menggantikan Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel yang sudah memasuki masa pensiun pada 14 Agustus lalu.