Logo Bloomberg Technoz

Tanda Berakhirnya Pengetatan Moneter The Fed Kian Terlihat

News
23 January 2023 15:10

Ilustrasi Gedung di Amerika Serikat AS (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Gedung di Amerika Serikat AS (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Terakhir kali Hedge Funds dan manajer investasi mengalami perbedaan arah seperti ini adalah pada akhir 2018, yang menjadi acuan ketika siklus kebijakan ketat The Fed akan mencapai puncak.

Posisi dana leverage net-short di futures 10 tahun telah tumbuh menjadi yang terbesar sejak 2019, menurut data terbaru dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi, seperti dilansir dari Bloomberg News. Namun, investor institusi melihat posisi net-long akan naik menjadi rekor yang lebih bullish, berdasarkan data historis pada 2006.

Grafik Hedge Funds Split oleh CFTC, Federal Reserve (Dok Bloomberg)

Perdagangan surat berharga (Treasury) telah rebound pada tahun ini karena ada indikasi bahwa The Fed akan segera mengakhiri kenaikan suku bunga yang paling tajam dalam satu generasi saat ini. Hal ini mungkin menyebabkan dana-dana uang cepat untuk menjual surat berharga 10 tahun terhadap pendekatannya.

Pada saat yang bersamaan, investor dengan strategi Buy and Hold seperti manajer investasi sedang terpikat oleh pembayaran bunga acuan tertinggi pada surat berharga dalam lebih dari satu dekade.

"Tren bullish sedang berlangsung di pasar suku bunga, dengan konsensus yang berkembang bahwa The Fed hampir selesai dengan kenaikan suku bunga," tutur Andrew Ticehurst, seorang strategist suku bunga di Sydney Nomura Inc. "Persepsinya adalah bahwa tindakan di masa depan mungkin tidak se-hawkish saat ini, yaitu, keadaan di mana seseorang tampak lebih tidak menyenangkan atau terlihat lebih agresif dari yang sebenarnya."