Logo Bloomberg Technoz

Saham Dell telah mengalami kenaikan 39% tahun ini hingga penutupan Selasa dan akan bergabung dengan Indeks S&P 500 akhir bulan ini.

Meski demikian masih ada kekhawatiran yang meningkat tentang profitabilitas perangkat yang dijual oleh Dell dan perusahaan sejenis seperti Super Micro Computer Inc dan Hewlett Packard Enterprise Co karena server membutuhkan cip komputer mahal buatan oleh perusahaan-perusahaan seperti Nvidia Corp.

Pada kuartal terakhir, Dell mengatakan bahwa bauran server AI yang lebih tinggi merugikan margin, tetapi melaporkan peningkatan laba dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Bisnis Dell yang lebih dikenal yaitu menjual PC, belum meningkat sebanyak yang diantisipasi setelah kemerosotan selama dua tahun.

Dell pada 30 Agustus melaporkan pendapatan kuartal kedua fiskal US$12,4 miliar, alami penurunan 4% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan sedikit meleset dari perkiraan.

Penjualan PC bisnis tidak banyak berubah sementara pendapatan dari PC yang berorientasi pada konsumen turun 22% dari tahun sebelumnya.

“Kami tetap berkomitmen untuk disiplin dalam manajemen biaya dengan inisiatif transformasi bisnis kami yang sedang berlangsung dan akan terus mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi biaya,” kata Dell pada hari Selasa dalam sebuah pengajuan peraturan.

Perusahaan menolak berkomentar di luar pengajuan tersebut.

Pada bulan Juni, Dell memangkas karyawan divisi penjualan tanpa merinci pihak yang terdampak. Perusahaan mengeluarkan biaya US$328 juta untuk pesangon pada kuartal tersebut.

Dell mengatakan pada bulan Februari bahwa mereka memiliki sekitar 120.000 pekerja penuh waktu di seluruh dunia.

(bbn)

No more pages