Logo Bloomberg Technoz

Kata Pertamina Soal Target Investasi CCS dengan Exxonmobil

Dovana Hasiana
10 September 2024 20:50

ExxonMobil booth (Bloomberg Technoz/Ezra Sihite)
ExxonMobil booth (Bloomberg Technoz/Ezra Sihite)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengatakan, keputusan akhir investasi atau final investment decision (FID) proyek carbon capture and storage (CCS) di wilayah Cekungan Sunda-Asri paling cepat ditetapkan pada 2026. 

SVP Business Development PT Pertamina (Persero) Wisnu Santoso mengatakan, keputusan FID tersebut dipegang setelah pengeboran penilaian atau appraisal drilling yang rencananya baru dilakukan pada tahun depan. 

“Pertamina Hulu Energi dengan ExxonMobil di Sunda Asri, itu rencana sih awal tahun depan melakukan appraisal drilling. Kalau hasilnya sesuai dengan rencana, itu paling cepat FID pada 2026, mungkin baru investasi pada 2027,” ujar Wisnu dalam agenda Media Briefing Energizing Tomorrow, di Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024). 

Menurut dia, proyek di wilayah Cekungan Sunda-Asri menjadi investasi pertama perseroan di sektor CCS. Sebab, kata dia, proyek CCS lainnya masih berupa skala pilot dan belum memiliki investasi yang konkret. 

“Di luar [Sunda-Asri] masih skala pilot per lapangan, seperti di Sukowati belum ada yang investasi ya. Investasi konkretnya belum ada,” ujar Wisnu.