Logo Bloomberg Technoz

“Belum [bisa] dibuka lebih lanjut apa-apa saja oleh penyidik. Informasi yang bisa di share hanya nilai potensi kerugiannya saja,” ujar dia.

Dalam kasus korupsi pengadaan alat X-ray, penyidik sempat memanggil dan memeriksa sejumlah pejabat di Kementan. Selain itu, KPK juga pernah memanggil dan memeriksa putra SYL, Kemal Redindo Syahrul Putra yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan pada Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyidik KPK juga memanggil sejumlah anggota DPR, terutama dari Komisi IV.

Berdasarkan surat keputusan nomor 1064/2024 pada tanggal 12 Agustus 2024 lalu, KPK juga meminta Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mencegah enam nama untuk ke luar negeri. Enam orang yang terlibat dalam kasus tersebut berinisial WH, IP, MB, SUD, CS, dan RF.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, KPK juga telah menetapkan satu tersangka pada kasus tersebut. Dia adalah mantan Sekretaris Badan Karantina Pertanian atau Barantan, Wisnu Haryana (WH). Usai diperiksa KPK pada Senin lalu (9/9/2024), dia juga mengakui bahwa dia diperiksa dalam atribusinya sebagai tersangka.

“[Diperiksa] terkait dengan pengadaan. [Diperiksa] sebagai tersangka,” kata Wisnu.

(fik/frg)

No more pages