Logo Bloomberg Technoz

Huawei Ungkap Ponsel Trifold Pertama usai Apple Rilis iPhone 16

News
10 September 2024 20:40

Huawei. (Bloomberg)
Huawei. (Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Huawei Technologies Co mengumumkan perangkat komersial pertama di dunia dengan dua lipatan, mengklaim kepemimpinan dalam desain ponsel tak lama setelah Apple Inc meluncurkan iPhone terbarunya.

Ponsel trifold yang disebut Mate XT, yang mulai dijual dengan harga 19.999 yuan (setara Rp43 juta), membutuhkan waktu lebih dari lima tahun pengembangan dan menjanjikan ponsel tersebut dapat muat diletakkan di dalam saku. Diperkenalkan dalam acara yang disiarkan langsung dari Shenzhen, perangkat baru ini bersaing untuk mendapatkan perhatian di puncak pasar premium di China, di mana Huawei telah merebut kembali pangsa pasar dari Apple selama setahun terakhir.

Setelah mencapai rekor tinggi selama setahun usai debut prosesor seluler buatan China yang inovatif pada Agustus lalu, Huawei kembali dengan inovasi pertama di kelasnya. Namun, banyak pertanyaan tentang seberapa besar dampak ponsel baru yang mahal ini terhadap pasar secara keseluruhan. Dan, pada saat setiap vendor ponsel lainnya mendorong fitur dan tambahan kecerdasan buatan, fokus Huawei pada rekayasa perangkat keras (hardware) menjadi menonjol.

"Akan sulit bagi produk trifold untuk menjadi mesin pertumbuhan utama bagi pasar lipat mengingat persyaratan teknis yang tinggi, hasil rendah, harga tinggi, dan peserta yang terbatas," kata analis IDC Arthur Guo menjelang acara Huawei. Pembuat ponsel lainnya mulai mengurangi investasi dalam ponsel lipat, menunggu Apple memasuki persaingan dan menggunakan "daya tariknya yang kuat" untuk menarik konsumen ke kategori tersebut, tambahnya.