Logo Bloomberg Technoz

Kepala Badan Gizi Benarkan Rencana Impor Sapi Untuk Makan Gratis

Azura Yumna Ramadani Purnama
10 September 2024 17:30

Pelantikan Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Pelantikan Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana membenarkan rencana impor sapi untuk pemenuhan kebutuhan susu dalam program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dicanangkan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Impor sapi akan dilakukan dalam jangka panjang serta diharapkan bisa membuat Indonesia menjadi swasembada susu. Namun tidak disebutkan berapa besaran impor sapi yang akan dilakukan karena ini masuk kewenangan dari  Kementerian Pertanian (Kementan).

“Dalam jangka panjang kita impor sapi, supaya Indonesia ke depan swasembada susu,” tutur Dadan saat ditemui di Kompleks DPR RI, Selasa (10/9/2024).

Terkait penggunaan susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi dalam program susu gratis, Dadan mengungkapkan belum memiliki rencana tersebut meski begitu pihaknya siap mengakomodir setiap usulan yang disampaikan apabila usul tersebut dapat membantu kelancaran program makan siang gratis tersebut.

Siswa menyantap makanan saat uji coba program makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

“Semua yang baik pasti akan kita akomodir, tapi kita lihat,” ucapnya. “Kita belum ke arah situ [menggunakan susu ikan],” lanjutnya.