Logo Bloomberg Technoz

Minat Lelang Sukuk Turun, Rupiah Ditutup Stagnan

Tim Riset Bloomberg Technoz
10 September 2024 16:25

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah bergeming dalam perdagangan spot Selasa di tengah volatilitas yang meningkat di pasar global, mendekati rilis data inflasi Amerika Serikat (AS) yang menaikkan pamor dolar AS belakangan ini.

Stagnannya rupiah terimbas kecenderungan pelaku pasar yang bergerak hati-hati, yang juga terlihat dari animo lelang sukuk hari ini yang turun sedikit.

Rupiah spot stabil di Rp15.450/US$, bergerak lima poin lebih kuat dibanding posisi hari sebelumnya. Sepanjang hari ini, pergerakan valuta Asia cenderung bervariasi dengan volatilitas cukup tinggi.

Sebagian besar valuta mengalami tekanan pelemahan pada awal perdagangan. Namun, pada penutupan pasar, terlihat mengakhiri hari dengan lebih bervariasi. Ringgit berhasil menguat terbanyak hari ini, hingga 0,7%, disusul oleh baht Thailand yang naik nilainya 0,18% serta peso yang menguat 0,10%.

Namun, beberapa mata uang masih tertekan seperti dolar Taiwan yang tergerus 0,3%, juga won Korea yang turun 0,25% serta yuan offshore yang tergerus 0,12%.