Logo Bloomberg Technoz

Sekadar catatan, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina, melaporkan bahwa Proyek Strategis Nasional (PSN) Green Refinery Cilacap memiliki target kapasitas produk biofuel hingga 6.000 barel.

Kilang Cilacap ini ditargetkan dapat menambah kapasitas produksi dari 3.000 barrel per hari menjadi barel produk Hydrotreated Vegetable Oil (HVO), atau bahan bakar dengan komponen nabati, SAF, dan Bionafta yang berasal dari Used Cooking Oil (UCO) atau minyak jelantah.

Pertamina sebelumnya membuka peluang menghasilkan SAF dari minyak jelantah atau used cooking oil pada tahun ini. Nantinya SAF akan digunakan oleh maskapai Pelita Air.

Senior Vice President Technology Innovation PT Pertamina (Persero) Oki Muraza mengatakan pengaplikasian SAF diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun.

“Insyallah akhir tahun ini kita targetkan mudah-mudahan bisa dipakai oleh Pelita Air, jadi ke Bali nanti bisa pakai [SAF] itu,” ujar Oki dalam agenda Festival LIKE 2 yang disiarkan secara virtual, Jumat (9/8/2024). 

(dov/roy)

No more pages