Logo Bloomberg Technoz

Penjualan telah melonjak sejak tahun lalu, karena konsumen China mencari nilai yang lebih baik di tengah kepercayaan ekonomi yang goyah. Dalam 12 bulan yang berakhir pada bulan Juli, beberapa merek lokal terkemuka yang menjual alternatif lebih murah mengalami pertumbuhan dua hingga tiga digit di platform e-commerce dominan China, Taobao dan Tmall milik Alibaba Group Holding Ltd, menurut data dari firma analitik Hangzhou Zhiyi Technology Co.

Pada saat yang sama, beberapa merek asing yang produknya mereka tiru mengalami pertumbuhan yang lebih lambat atau penurunan di platform tersebut, menurut data tersebut.

Pingti Brands Top Global Retailers on Alibaba's Platforms. (Sumber: Hangzhou Zhiyi Technology)

Meskipun penjualan online bukanlah gambaran lengkap bagi merek asing yang memiliki toko fisik, lonjakan besar produk dupe menjadi ancaman terbaru bagi raksasa ritel global yang tampaknya kesulitan memahami keinginan pembeli China.

Perlambatan ekonomi membuat konsumen menjadi lebih hemat, tetapi bahkan merek kelas menengah seperti Nike Inc dan Uniqlo milik Fast Retailing Co. pun mengalami kesulitan. 

Sebaliknya, kebangkitan pingti kemungkinan mencerminkan apa yang disebut Uniqlo sebagai “seperangkat nilai konsumen yang baru” — naluri yang sama yang mendorong konsumen untuk mencari produk yang dijual langsung oleh produsen, memotong perantara merek.

“Pemahaman konsumen China tentang barang mewah sedang berubah, karena pola pikir tradisional bahwa tas tangan mewah dapat menjadi simbol status prestisius bukan lagi satu-satunya preferensi mereka,” kata Blair Zhang, analis senior barang mewah dan fashion di Mintel di Shanghai.

“Kepercayaan buta terhadap merek terkenal sudah tidak ada lagi dalam tren belanja yang berhati-hati saat ini. Sebaliknya, ada keputusan belanja yang lebih rasional yang mendorong diskusi aktif tentang alternatif yang lebih murah.”

Dampak terbesar dari pingti mungkin terjadi di sektor barang mewah, yang mengalami pukulan berat di China, karena produk dupe yang menggunakan bahan dan keterampilan serupa — tetapi tanpa logo atau branding — semakin banyak. 

Produk dupe ini memengaruhi eksklusivitas yang membuat barang-barang mewah sangat diinginkan dan dapat merugikan pertumbuhan mereka di masa depan di China, menurut laporan konsultan Yaok Group bulan ini.

Produsen barang kulit Sitoy Group Holdings Ltd. mengatakan dalam video di media sosial bahwa kualitas tas tangan seharga US$100 mereka hampir identik dengan yang dijual seharga lebih dari US$1.000 ketika diproduksi dari lini produksi yang sama dengan klien merek mewah seperti Prada, Tumi, dan Michael Kors.

Sementara itu, Chicjoc, salah satu label pakaian fashion terbesar di Taobao dan Tmall, memasarkan produk yang mereka klaim terbuat dari bulu hewan yang diproduksi di Kopenhagen dari pemasok yang sama untuk LVMH dan Fendi. Data dari Zhiyi menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki penjualan tahunan sekitar 1 miliar yuan di toko Taobao mereka.

(bbn)

No more pages