Logo Bloomberg Technoz

Ekspor China Melonjak ke Level Tertinggi dalam 2 Tahun

News
10 September 2024 12:00

Ilustrasi ekspor (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Ekspor China secara tak terduga menguat pada Agustus, dengan kenaikan nilai ke level tertinggi dalam hampir dua tahun terakhir yang memberikan dorongan langka bagi ekonomi yang terbebani oleh tekanan deflasi.

Ekspor naik hampir 9% dari tahun sebelumnya menjadi sekitar US$309 miliar dolar AS, tertinggi sejak September 2022 dan sangat melampaui estimasi. Impor meningkat hanya 0,5%, administrasi bea cukai mengatakan pada Selasa (10/9/2024), meninggalkan surplus perdagangan sebesar US$91 miliar untuk bulan itu.

Data ekspor China. (Dok: Bloomberg)

Ekspor China telah menjadi titik terang bagi ekonomi yang sedang berjuang dengan kemerosotan perumahan dan deflasi. Namun, masuknya barang-barang murah ke pasar global telah memicu reaksi keras di AS, Amerika Selatan, dan Eropa, sehingga menimbulkan keraguan akan keberlanjutan strategi pertumbuhan Beijing.

"Perekonomian China terus menunjukkan tren yang berbeda dengan lemahnya permintaan domestik dan daya saing ekspor yang kuat," ujar Zhiwei Zhang, kepala ekonom di Pinpoint Asset Management. "Pertanyaannya adalah berapa lama ekspor dapat tetap kuat mengingat melemahnya ekonomi AS dan meningkatnya tensi perdagangan."