Logo Bloomberg Technoz

BI Tahan Bunga Acuan di 5,75%, 4 Bulan Tak Berubah

Krizia Putri Kinanti
18 April 2023 14:24

Suasana penukaran uang tunai di layanan keliling Bank Indonesia (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)
Suasana penukaran uang tunai di layanan keliling Bank Indonesia (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan. Langkah yang sesuai dengan ekspektasi pasar.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 17-18 April 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 5,75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,5%," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam konferensi pers usai RDG edisi April 2023 di kantornya, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Hasil konsensus dari 30 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan dengan suara bulat, aklamasi, BI akan mempertahankan bunga acuan di level saat ini kendati peluang penurunan mulai terbuka. 

Bila perkiraan itu terpenuhi, maka itu akan menjadi kali keempat berturut-turut bank sentral mempertahankan bunga acuan setelah mengerek bunga sebanyak 225 basis poin (bps) sejak Agustus 2022 silam menyusul tren inflasi dunia yang dipicu lonjakan harga komoditas energi dan gangguan pada rantai pasok global yang terjadi setelah pandemi mereda.