Logo Bloomberg Technoz

Topan Yagi di Vietnam Picu Banjir Bandang hingga Tanah Longsor

News
10 September 2024 13:00

Badai Yagi. (Dok: Bloomberg)
Badai Yagi. (Dok: Bloomberg)

Nguyen Kieu Giang dan Nguyen Dieu Tu Uyen - Bloomberg News

Bloomberg, Banjir yang dipicu oleh Topan Super Yagi yang merenggut nyawa sejumlah orang di Vietnam mengancam wilayah utara negara tersebut, termasuk pusat elektronik dan ibu kota Hanoi.

Pusat Prakiraan Hidrometeorologi Nasional memperingatkan akan adanya lebih banyak banjir bandang dan tanah longsor di provinsi-provinsi utara yang disebabkan oleh hujan lebat yang terus berlanjut hingga Selasa (10/9/2024), menurut unggahan di situs web pemerintah. Media lokal melaporkan 68 orang di Vietnam utara telah meninggal atau hilang akibat topan tersebut.

Komite Rakyat Hanoi memperingatkan akan adanya banjir di sungai-sungai dan jalan-jalan, menurut situs berita VnExpress. Di Provinsi Nguyen, Thailand, tempat para pemasok Apple Inc dan Samsung Electronics Co mengoperasikan pabrik-pabrik mereka, 2.000 orang telah dievakuasi, kata situs tersebut.

Yagi, yang mendarat di Vietnam utara pada Sabtu (7/9/2024), menciptakan kerusakan parah sebelum melemah menjadi badai tropis. Badai ini memusnahkan lebih dari 120.000 hektare tanaman padi dan tanaman lainnya, demikian yang dilaporkan VnExpress.