Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Ritel Mulai Menggeliat, Kuartal III Diramal Lebih Baik

Ruisa Khoiriyah
10 September 2024 12:07

Ilustrasi Supermarket (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Supermarket (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penjualan eceran di Tanah Air yang kembali menggeliat di tengah masih kuatnya fenomena vibecession, memberi harapan akan daya tahan perekonomian domestik ketika gelombang pemutusan hubungan kerja makin membesar.

Hasil survei penjualan eceran yang dilansir oleh Bank Indonesia yang dilansir Selasa hari ini melaporkan, Indeks Penjualan Riil pada Agustus diperkirakan mencetak pertumbuhan positif di angka 5,8% year-on-year, laju pertumbuhan tertinggi dalam empat bulan terakhir. Angka itu juga naik dibanding Juli sebesar 4,5% yoy.

Secara bulanan, penjualan ritel juga tumbuh positif sebesar 1,8% month-on-month, setelah bulan sebelumnya terkontraksi cukup dalam hingga 7,2% mom.

Capaian penjualan ritel bulan lalu yang lebih baik itu terutama didukung momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI yang lazim memicu masyarakat berbelanja lebih banyak, terutama di kelompok barang budaya dan rekreasi yang tumbuh 2,8% yoy. Begitu juga penjualan di kelompok makanan dan minuman yang tumbuh 1,5% mom

"Peningkatan penjualan ritel pada Agustus didorong oleh peningkatan permintaan saat perayaan HUT RI yang didukung oleh program diskon oleh para peritel," jelas Bank Indonesia dalam publikasi yang dilansir hari ini.

Penjualan ritel di Indonesia berhasil bangkit pada Agustus, tertinggi dalam empat bulan (Divisi Riset Bloomberg Technoz)