Logo Bloomberg Technoz

RI Target Bioavtur 1% Mulai 2027, Ini Potensi Bahan Bakunya

Dovana Hasiana
10 September 2024 11:30

Sampel bioavtur atau bahan bakar bio jet./Bloomberg-Dhiraj Singh
Sampel bioavtur atau bahan bakar bio jet./Bloomberg-Dhiraj Singh

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan terdapat beberapa komoditas yang berpotensi menjadi bahan baku untuk digunakan dalam mendukung target penerapan bioavtur atau sustainable aviation fuel (SAF) 1% mulai 2027.

Direktur Bioenergi Kementerian ESDM Edi Wibowo mengatakan beberapa bahan baku yang menjadi opsi dari penerapan bioavtur di Indonesia a.l. minyak jelantah atau used-cooking oil (UCO), limbah cair sawit atau palm oil mill effluent (POME) hingga kelapa reject.

“Kalau di roadmap bioavtur, kita targetkan mungkin 1% pada 2027. Jadi nanti bahan bakunya apakah berbasis UCO, POME atau kelapa reject tadi,” ujar Edi saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024).

Adapun, kelapa reject memang telah diakui untuk menjadi salah satu bahan baku dari SAF. Namun, saat ini pembudidayaan di Indonesia belum dilakukan dalam skala industri.

Bioavtur atau sustainable aviation fuel (SAF)./Bloomberg-Lauryn Ishak

Dengan demikian, pemerintah mendorong agar komoditas kelapa dan kakao juga dikembangkan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).