Logo Bloomberg Technoz

Apa Itu Apple Intelligence di iPhone 16 dan Kapan Bisa Digunakan?

Referensi
10 September 2024 12:10

iPhone 16 Plus. (Bloomberg)
iPhone 16 Plus. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Apple kembali mencuri perhatian dengan memperkenalkan fitur kecerdasan buatan terbaru mereka, Apple Intelligence, yang akan diluncurkan bersamaan dengan pembaruan sistem operasi iOS 18.1 pada bulan depan. Teknologi ini diharapkan dapat mengubah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat Apple seperti iPhone 16, iPad, dan Mac.

Apa Itu Apple Intelligence?

Apple Intelligence adalah inovasi kecerdasan buatan yang dirancang khusus untuk perangkat Apple, memperluas kapabilitas AI dengan integrasi lebih mendalam ke dalam sistem operasi terbaru seperti iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia 15.1. Fitur ini memanfaatkan kecanggihan Apple silicon untuk menghadirkan pengalaman yang lebih cerdas dan personal bagi pengguna.

Dalam pernyataan resminya, Apple menyebut bahwa Apple Intelligence akan mampu memahami konteks personal pengguna dan membantu menyederhanakan tugas sehari-hari. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan dalam Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Juni lalu, dan siap diluncurkan untuk digunakan pada bulan depan.

Apple Intelligence hadir untuk membantu pengguna dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan memanfaatkan AI yang terintegrasi langsung ke dalam sistem operasi, pengguna dapat menulis, mengoreksi, dan meringkas teks dengan lebih efisien. Fitur ini dapat diakses di berbagai aplikasi Apple seperti Mail, Catatan, dan Pages, serta aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

Pada bidang visual, Apple Intelligence dilengkapi dengan fitur Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar berkualitas tinggi dalam hitungan detik. Pengguna dapat memilih antara tiga gaya visual, yaitu Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa, yang dapat digunakan dalam aplikasi seperti Pesan. Ini tentu saja memudahkan pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka tanpa memerlukan keterampilan desain yang mendalam.

Tim Cook, CEO Apple saat memperkenalkan iPhone 16. (David Paul Morris/Bloomberg)

Pengembangan Siri dengan Kecerdasan Apple Intelligence