Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Ritel RI Naik di Juli, Lebih Tinggi di Agustus

Hidayat Setiaji
10 September 2024 10:49

Warga belanja pernak pernik HUT RI di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (9/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga belanja pernak pernik HUT RI di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (9/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan eceran atau ritel tumbuh positif pada Juli. Pada Agustus, penjualan ritel diperkirkan tumbuh lebih cepat.

Pada Selasa (10/9/2024), penjualan ritel yang dicerminkan dengan Indeks Penjualan Riil (IPR) berada di 212,4 pada Juli. Naik 4,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

"Peningkatan terutama didorong oleh Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau serta Subkelompok Sandang, sementara penjualan Kelompok Suku Cadang dan Aksesori serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor tercatat tetap tumbuh," sebut keterangan tertulis BI.

Namun dibandingkan Juni (month-to-month), penjualan ritel turun 7,2%. Penyebabnya adalah normalisasi permintaan pasca Idul Adha.

"Beberapa kelompok yang masih tumbuh dan menahan penurunan kinerja penjualan eceran yang lebih dalam, yaitu Subkelompok Sandang dan Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, sementara Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi tercatat tumbuh meski melambat," lanjut keterangan BI.