Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral Malaysia Prediksi Suku Bunga Tetap, Pertumbuhan 5%

News
10 September 2024 11:10

Gedung Bank Negara Malaysia. (Dok: Bloomberg)
Gedung Bank Negara Malaysia. (Dok: Bloomberg)

Anisah Shukry - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Malaysia yang tangguh dan tekanan harga yang terkendali seharusnya memungkinkannya untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah untuk sisa tahun ini, bahkan ketika bank-bank sentral global beralih ke pelonggaran, menurut Deputi Gubernur Bank Negara Malaysia (BNM). 

Perekonomian Malaysia berada di jalur yang tepat untuk tumbuh sekitar 5% pada tahun 2024, sementara inflasi tidak akan melebihi 3%, kata Adnan Zaylani Mohamad Zahid dalam wawancara Bloomberg Television dengan Rosalind Mathieson. Hal ini sesuai dengan perkiraan resmi yang dibuat oleh bank sentral pada awal tahun ini.

"Tidak ada alasan kuat yang nyata atau tekanan pada suku bunga untuk bergerak ke arah mana pun pada tahap ini, meskipun kami harus terbuka untuk mempertimbangkan risiko ke depan," kata deputi gubernur di London.

Sikap netral membedakan Malaysia dari negara-negara lain di Asia Tenggara ketika Federal Reserve AS bersiap untuk memangkas suku bunga. BNM terakhir kali menyesuaikan suku bunga kebijakan semalam pada Mei 2023, mengakhiri siklus pengetatan selama setahun yang membuatnya menaikkan suku bunga dengan total 125 basis poin menjadi 3%.