Logo Bloomberg Technoz

Tim Cook menyebut pengembangan AI Apple bersumber dari pondasi dasar namun kemampuannya hanya akan ditambahkan secara bertahap ke perangkat melalui pembaruan perangkat software. Hal yang serupa telah dilakukan lebih dulu oleh banyak pesaingnya, termasuk Adobe dan Google

Chief software Craig Federighi menyatakan bahwa rilis hari ini merupakan permulaan dari langkah besar bagi raksasa teknologi ini, yang telah berlomba untuk mengembangkan serangkaian model AI.

iPhone 16 yang baru rilis di California, Amerika Serikat. (Bloomberg)

Tools ini akan hadir dalam format uji coba bulan Oktober, “dengan lebih banyak fitur yang akan diluncurkan di bulan-bulan mendatang.”

Google dan Microsoft Corp memang jauh lebih maju, sedangkan teknologi AI Apple yang berbasis di Cupertino, California ini, masih berada di tahap awal. Tools Apple Intelligence telah mengalami banyak penundaan, dan banyak fitur-fitur utama yang baru akan hadir pada tahun depan. 

Apple Intelligence akan menyertakan asisten digital Siri yang telah ditingkatkan dan kemampuan untuk membuat emoji khusus dengan petunjuk teks. Oktober merupakan bulan eksperimen Apple Intelligence demi menggoda pelanggan.

Acara Apple pada Selasa dini hari  “mengindikasikan bahwa banyak fitur yang masih dalam tahap penyempurnaan untuk dirilis dan belum siap untuk tayang perdana,” ujar analis eMarketer, Gadjo Sevilla, dalam sebuah catatan. “Fokus pada keamanan dan privasi adalah alasan yang mungkin untuk penundaan fitur.”

iPhone 16 versi termurahnya mulai dari US$799 (sekitar Rp12,3 juta). iPhone 16 Plus ditawarkan mulai harga US$899 (sekitar Rp13,9 juta), iPhone 16 Pro dibanderol US$999 (sekitar Rp15,4 juta), dan paling ultimate iPhone 16 Pro Max mulai US$1.199 (sekitar Rp18,5 juta).

iPhone masih jadi penombang utama bisnis Apple dengan kontribusi sekitar setengah dari pendapatan tahunan perusahaan. iPhone juga membantu mendorong penjualan tambahan dalam bentuk aksesori dan layanan. 

Bentuk Tak Banyak Diubah,  iPhone 16 Jadi Meme

Tampang iPhone 16 baru dilaporkan Bloomberg News tidak banyak mengalami perubahan. Relatif pengguna diprediksi tak menyadari perbedaan ukuran layar di iPhone 16 baru, kecuali tombol ‘shutter’ kamera yang terletak di sisi kanan bagian bawah.

Tombol baru iPhone 16. (David Paul Morris/Bloomberg)

Peningkatan fitur kamera foto dan video dengan resolusi tinggi diklaim akan menghasilkan gambar lebih sinematik, termasuk footage slow-motion.

Cip prosesor baru, A18 Pro, dibenamkan dengan neural yang diperbaharui. A18 Pro dirancang untuk menangani teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Baca Juga: Kontrol Kamera iPhone 16 Pakai Tangan Kanan

iPhone 16 dan 16 Plus akan tersedia dalam warna-warna baru dan mendapatkan tombol Action yang dapat disesuaikan yang sebelumnya hanya tersedia pada model kelas atas. Cip dan deretan fitur lain hadir dalam format upgrade, lebih mumpuni.

Pengunjung memadati perilisan iPhone 16 di Amerika Serikat. (Bloomberg)

Perubahan minor sebelumnya disampaikan hanya sekitar 5% atau diklaim garis tepi bazel hanya  ⅓ lebih tipis. Bahkan layar  iPhone 16 dan 16 Plus tidak terdapat perbedaan ukuran dibandingkan rilisan tahun lalu.

Karena perubahan kecil ini juga yang membuat iPhone menjadi bahan komedi meme di media sosial.

Upgrade tapi mirip

Cara karyawan iPhone mendesain perangkat

iPhone 16 pic.twitter.com/1ae8x0xZJs

— TechDroider (@techdroider) September 9, 2024

Apa yang berbeda antara iPhone 15 dan iPhone 16

(wep)

No more pages