Logo Bloomberg Technoz

ESDM Buka Peluang Bentuk Badan Nuklir Tahun Ini  

Dovana Hasiana
10 September 2024 08:50

Kementerian ESDM.
Kementerian ESDM.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka peluang bahwa Indonesia bakal mulai membentuk Badan pelaksana Program Energi Nuklir atau Nuclear Energy Program Implementation Organization (NEPIO) pada tahun ini. 

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Eniya Listiani Dewi mengatakan hal tersebut bisa terjadi karena Indonesia bakal mendeklarasikan komitmen pembentukan NEPIO pada agenda International Atomic Energy Agency (IAEA) yang dilaksanakan pada minggu depan di Wina, Austria. 

“Kita minggu depan akan berkomitmen di IAEA di Vienna, bahwa kita akan membentuk NEPIO. Nah mungkin Insyallah dalam tahun ini, kalau kita sudah statement besok minggu depan di IAEA, lalu setelah itu akan kita lanjut untuk merekonstruksi NEPIO ini seperti apa,” ujar Eniya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, dikutip Selasa (10/9/2024). 

NEPIO ini nantinya bakal melakukan pengawasan terhadap implementasi nuklir di Indonesia, seiring dengan rencana untuk memulai opersi komersial pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pada 2032. 

Eniya mengatakan bahwa Presiden Indonesia bakal menjadi Ketua NEPIO, sementara Kementerian ESDM bisa menjadi Ketua Harian NEPIO. Lalu, NEPIO juga berpotensi memiliki kelompok kerja (Pokja) untuk mengidentifikasi perencanaan, pembangunan, keamanan, landasan hukum dan sebagainya.