Logo Bloomberg Technoz

"Kami melihat sebagian besar aksi beli secara teknikal," ujar Tom Essaye di The Sevens Report. "Pertumbuhan ekonomi tidak diragukan lagi dan jelas kehilangan momentum, tapi soft landing masih lebih mungkin terjadi daripada hard landing. Fokus minggu ini kembali ke inflasi."

Treasury mengalami pergerakan yang ringan, dengan para pedagang memangkas peluang penurunan suku bunga setengah poin pada pertemuan Fed September mendatang menjadi sekitar 20% dari setinggi 50% minggu lalu. Pada saat yang sama, beberapa pedagang opsi bertaruh pada peningkatan jumlah pelonggaran Fed yang diharapkan pada Desember atau Maret.

S&P 500 ditutup mendekati 5.471. Nasdaq 100 naik 1,3%. Dow Jones Industrial Average bertambah 1,2%. Russell 2000 naik 0,3%. Boeing Co menguat 3,4% karena optimisme bahwa kesepakatan tenaga kerja akan mencegah pemogokan. Alphabet Inc merosot 1,7%. Pada jam-jam terakhir, Oracle Corp naik dengan hasil yang lebih baik dari yang diperkirakan.

Indeks harga konsumen China. (Dok: Bloomberg)

Sementara para juri sedang menimbang-nimbang apakah negara dengan perekonomian nomor 1 di dunia ini dapat menyeimbangkan antara meredanya tekanan inflasi dan menghindari resesi, saingan terbesarnya menghadapi tantangan yang berbeda.

Deflasi yang mengintai China sejak tahun lalu kini menunjukkan tanda-tanda spiral, mengancam untuk memperburuk prospeknya dan meningkatkan seruan untuk segera mengambil tindakan kebijakan.

Data yang dirilis pada Senin (9/9/2024) mengonfirmasi bahwa selain biaya makanan, pertumbuhan harga konsumen hampir tidak terdaftar di sebagian besar ekonomi pada saat pendapatan merosot.

Para pedagang di Asia juga akan mengamati dengan saksama bijih besi pada Selasa (10/9/2024), yang pada sesi sebelumnya merosot di bawah US$90 per ton untuk pertama kalinya sejak 2022 sebelum ditutup 1,1% lebih tinggi. Komoditas industri menghadapi tekanan berkelanjutan dari permintaan China yang lemah dan kekhawatiran akan pertumbuhan global.

Pada Rabu, laporan Pemerintah AS diperkirakan akan menunjukkan indeks harga konsumen naik 2,6% pada Agustus dari tahun sebelumnya, menurut perkiraan median ekonom yang disurvei Bloomberg.

Itu akan menjadi kenaikan terkecil sejak 2021. Hanya akan ada sedikit panduan baru dari para pejabat The Fed, yang berada dalam periode pemadaman tradisional menjelang pertemuan 17-18 September.

"Inflasi itu penting," kata Chris Low di FHN Financial. "Angka-angka yang lebih lemah dapat mendorong The Fed menuju pemangkasan 50 basis poin, sementara angka yang lebih tinggi dapat mengunci 25 basis poin."

S&P 500 (Dok: Bloomberg)

Ekuitas global mengalami penjualan bersih selama delapan minggu berturut-turut yang dipimpin oleh Amerika Utara, menurut laporan meja pialang utama Goldman Sachs Group Inc untuk minggu yang berakhir 6 September.

Langkah ini merupakan kelanjutan dari tren yang, secara umum, dimulai pada Mei ketika para investor mulai melepas posisi mereka dalam jumlah besar untuk mendapatkan lebih banyak uang tunai yang siap sedia untuk menghadapi kemungkinan dislokasi di sekitar pemilihan presiden AS.

"Perlambatan tidak selalu menandakan resesi, dan koreksi pasar saham juga bukan pertanda bearish pasar," kata Konstantinos Venetis di TS Lombard. "Namun, perpaduan antara meningkatnya ketidakpastian makro (pertumbuhan) dan politik (Pemilu AS) semakin membebani para bulls dalam waktu dekat."

Minyak rebound pada Senin setelah jatuh ke level terendah dalam lebih dari satu tahun pada minggu lalu. Harga sedikit berubah pada Selasa pagi.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • Hang Seng berjangka naik 0,4% pada pukul 7:25 pagi waktu Tokyo 
  • S&P/ASX 200 berjangka naik 1%
  • Nikkei 225 berjangka naik 0,2%
  • S&P 500 berjangka naik 0,1%; S&P 500 naik 1,2%

Mata Uang

  • Euro tidak banyak berubah pada US$1,1037
  • Yen Jepang naik 0,2% menjadi 142,90 per dolar
  • Yuan luar negeri tidak berubah pada 7,1202 per dolar

Mata Uang Kripto

  • Bitcoin naik 0,7% menjadi US$57.447,83
  • Eter naik 1,1% menjadi US$2.368,47

Obligasi

  • Imbal hasil obligasi Treasury 10 tahun tidak banyak berubah pada 3,70% di Senin

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate tidak banyak berubah
  • Emas spot sedikit berubah

(bbn)

No more pages