Logo Bloomberg Technoz

Percobaan dilakukan dengan tangan kiri di kantor Apple di Cupertino, California. Benar saja perlu waktu untuk memahami beberapa fungsi tombol lainnya.

Selain menekan tombol untuk mengambil bidikan atau memulai video, Anda bisa mempertahankan kontak jari dengan tombol dan mengetuk dua kali secara ringan untuk beralih melalui opsi kamera. Anda juga dapat menyesuaikan tingkat zoom atau - tergantung pada mode yang Anda pilih - mengubah pengaturan lain dengan menggeser jari pada tombol.

Tampilan iPhone 16. (David Paul Morris/Bloomberg)

Bagian ini tidak selalu berjalan mulus. Sejumlah orang yang menguji fitur ini, serta beberapa staf Apple, kesulitan untuk mengaktifkan tombol mode saat pertama kali.

Beberapa perubahan halus lain pada jajaran iPhone yaitu ukuran layar lebih besar untuk versi Pro, 6,3 dan 6,9 inch, tergantung modelnya. Mereka juga memiliki batas paling tipis dari semua produk Apple, membantu memaksimalkan tampang layar di iPhone 16.

Namun sekilas tidak terlalu banyak yang menyadari perbedaan ukuran layar di iPhone 16 baru. Layar 6,3 inch iPhone 16 Pro tidak terlihat terlalu besar jika dibandingkan dengan pendahulunya yang berukuran 6,1 inch.

Perubahan yang lebih substantif akan datang dalam bentuk pembaruan perangkat software- terutama, serangkaian tools AI yang disebut Apple Intelligence. Tapi Anda harus bersabar: Versi beta dari teknologi tersebut akan diluncurkan bulan depan, setelah iPhone mulai dijual.

Mencoba iPhone 16 Pro dengan Vision Pro. (Bloomberg)

Apple Intelligence akan menjanjikan ringkasan teks, menghasilkan tanggapan dalam email dan pesan lainnya, dan edit foto. Kemampuan tersebut sangat mengesankan selama pengujian, tetapi juga sejalan dengan apa yang tersedia melalui perusahaan seperti Adobe Inc dan Google.

16 Pro juga memiliki kamera ultrawide 48 megapiksel - sesuatu yang tampaknya merupakan langkah maju bagi penggemar fotografi.

Harga iPhone 16 yang Baru Rilis Resmi dan Fitur Unggulan Lainnya (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

(bbn)

No more pages