Logo Bloomberg Technoz

Angkasa Pura Resmi Merger: Tanpa PHK, 37 Bandara dalam 1 Sistem

Dovana Hasiana
09 September 2024 20:30

Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)
Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II), selaku dua perusahaan besar pengelola bandar udara di Indonesia, resmi bergabung (merger) menjadi satu entitas PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports pada hari ini, Senin (9/9/2024). 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan penggabungan ini tidak menimbulkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan. 

“AP I dan AP 2 menjadi Angkasa Pura Indonesia, isu layoff tidak ada, justru ini pengembangan yang tadi disampaikan, ini kita mengelola 37 bandara di mana akan menjadi satu sistem pelayanan,” ujar Erick dalam konferensi pers di Kantor Pusat InJourney, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2024). 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menjelaskan InJourney Airports akan mengelola 37 bandara komersial di Indonesia. 

Dengan adanya merger ini, ini InJourney Airports dapat menangani lebih dari 170 juta penumpang per tahun dan akan berada di urutan kelima perusahaan operator bandara terbesar di dunia.