Logo Bloomberg Technoz

Menhub Ungkap 4 Pertimbangan Bisa Turunkan Harga Tiket Pesawat

Pramesti Regita Cindy
09 September 2024 21:20

Menhub, Budi Karya Sumadi. (Dok. Kemenhub)
Menhub, Budi Karya Sumadi. (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa penurunan harga tiket pesawat tidak bisa dilakukan secara instan dan memerlukan proses yang matang serta koordinasi antarkementerian.

Budi lantas menyebut setidaknya terdapat empat langkah yang perlu dilakukan sebagai pertimbangan untuk dapat menurunkan harga tiket pesawat.

"Ada empat yang saya sampaikan dalam usulan pada saat Rapat dengan Pak Menteri Menko Marves. Satu itu berkaitan dengan suku cadang. Itu prinsipnya sudah disetujui dan sedang dilakukan upaya perbaikan di Kementerian Keuangan," ungkap Budi ketika ditemui di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2024).

Kedua, terkait dengan usulan bahan bakar pesawat yakni avtur. Budi mengusulkan agar avtur dikelola secara multiprovider.

"Avtur itu dirapatkan juga seharusnya tidak boleh monopoli. Dan kita mendasarkan dari yang namanya rekomendasi KPPU [Komisi Pengawas Persaingan Usaha] itu multi-provider. Jadi ada beberapa provider yang melakukan," jelas Budi.