Logo Bloomberg Technoz

Iran Pertimbangkan Hidupkan Kembali Negosiasi Nuklir di KTT PBB

News
09 September 2024 19:20

Nuklir Iran. (Dok: Bloomberg)
Nuklir Iran. (Dok: Bloomberg)

Arsalan Shahla dan Golnar Motevalli - Bloomberg News

Bloomberg, Iran ingin menghidupkan kembali pembicaraan tentang kesepakatan nuklirnya yang gagal dengan negara-negara Barat pada pertemuan para pemimpin dunia di New York akhir bulan ini.

Iran telah berbicara dengan diplomat tinggi Uni Eropa, Josep Borrell, tentang menghidupkan kembali negosiasi mengenai program nuklirnya yang diperdebatkan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani kepada wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi pada Senin (09/09/2024).

Presiden reformis Iran Masoud Pezeshkian diharapkan akan berbicara di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada akhir September. Ini akan menjadi penampilan pertamanya pada pertemuan tahunan tersebut dan terjadi ketika kelompok-kelompok bersenjata Iran Hamas dan Hizbullah sedang berperang dengan Israel di Gaza dan di perbatasan selatan Lebanon.

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi melakukan panggilan telepon yang positif dengan Borrell, di mana mereka sepakat bahwa KTT PBB memberikan "peluang yang baik" bagi mereka untuk membahas negosiasi nuklir, kata Kanaani.