Logo Bloomberg Technoz

Seoul Incheon, bandara terbesar Korea Selatan, sedang mendekati penyelesaian ekspansi senilai US$412 juta, meningkatkan kapasitasnya menjadi 106 juta orang dan menutup pengembangan yang lebih luas senilai US$11,8 miliar selama 25 tahun terakhir. Hong Kong akan mampu menangani 120 juta pelancong dalam beberapa tahun mendatang, naik dari 80 juta saat ini, dengan biaya sekitar US$18,2 miliar.

Bandara Suvarnabhumi Bangkok tahun ini memulai proyek senilai US$4,1 miliar untuk lebih dari dua kali lipat kapasitas tahunan menjadi 135 juta penumpang pada akhir dekade ini.

Bandara-bandara tersebut, yang terkenal dan banyak digunakan untuk perjalanan internasional, menghadapi persaingan yang semakin ketat dari sejumlah pusat kota di China dan India - dari proyek senilai US$2,1 miliar yang baru di Mumbai yang ditopang Adani untuk menampung 90 juta penumpang hingga Guangzhou yang berkembang untuk menampung 120 juta orang.

Proyek-proyek di seluruh Asia tampak kecil dibandingkan dengan mega bandara senilai US$35 miliar di Al Maktoum Dubai, yang dirancang untuk menangani lebih dari 260 juta penumpang per tahun dalam beberapa dekade mendatang.

(bbn)

No more pages