Logo Bloomberg Technoz

Genjot Kapasitas, Bandara Changi Singapura Bangun Terminal Baru

News
09 September 2024 19:00

Pelancong tengah melintas di Jewel Changi Airport Singapura (Lauryn Ishak/Bloomberg)
Pelancong tengah melintas di Jewel Changi Airport Singapura (Lauryn Ishak/Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Bandara Changi Singapura, yang seringkali terpilih sebagai salah satu yang terbaik di dunia, akhirnya akan memulai pembangunan terminal baru yang besar pada tahun depan. Langkah ini mengikuti perkembangan pesat pembangunan bandara di seluruh Asia dan Timur Tengah.

Pembangunan pada Terminal 5 yang baru, yang pertama kali diusulkan lebih dari satu dekade lalu, akan dimulai pada paruh pertama tahun 2025, kata Perdana Menteri Lawrence Wong pada sebuah jamuan makan malam Jumat (06/09/2024) yang merayakan peringatan 40 tahun otoritas penerbangan sipil negara tersebut. Terminal ini akan dapat menangani 50 juta penumpang lebih banyak setiap tahun, meningkatkan kapasitas total bandara menjadi 140 juta, dan memungkinkan koneksi ke lebih dari 200 destinasi, naik dari hampir 150 saat ini.

Bandara-bandara regional dari Seoul hingga Hong Kong dan Bangkok hampir menyelesaikan pembangunan, atau jauh lebih maju dibandingkan target pertengahan 2030-anChangi, untuk terminal baru yang akan meningkatkan kapasitas tahunan mereka menjadi lebih dari 100 juta. Investasi gabungan dari keempat bandara tersebut akan melebihi US$36 miliar.

Asia dipandang sebagai salah satu pasar pertumbuhan terbesar untuk penerbangan global dalam beberapa dekade mendatang, didorong oleh meningkatnya kekayaan kelas menengah di China, India, dan negara-negara berkembang di seluruh Asia Tenggara.

Kapasitas penumpang di bandara-bandara Asia. (Sumber: Bloomberg)