Logo Bloomberg Technoz

Topan tersebut telah menyebabkan kerusakan sebesar 11,9 miliar yuan pada pertanian Hainan hingga Minggu siang, dengan lebih dari setengahnya di sektor perikanan, kata pemerintah provinsi dalam sebuah pernyataan. Sekitar 93.000 hektar terpengaruh, dan sekitar sepertiga dari daerah tersebut sekarang kemungkinan tidak akan dipanen, katanya, tanpa menentukan jenis tanamannya.

Kerusakan Akibat Banjir

Di Vietnam utara, banjir menghancurkan lebih dari 120.000 hektar sawah dan tanaman lainnya, menurut situs web berita VnExpress, dan hujan lebat tetap menjadi risiko. Sekitar 5.000 pohon buah-buahan di provinsi Thai Binh, Hung Yen, dan kota pelabuhan Haiphong juga hancur, katanya. Sekitar 17.000 pohon di Hanoi saja yang tercabut atau rusak.

Harga sayuran melonjak hingga 30% di Hanoi dan tempat-tempat lain di Vietnam utara setelah Yagi menghancurkan pertanian dan mengganggu transportasi, kata VnExpress.

Sejumlah kapal tenggelam di provinsi Quang Ninh, Thai Binh, dan Hai Duong, serta kota pelabuhan Haiphong, menurut pemerintah. Beberapa provinsi dan kota mengalami pemadaman listrik dan gangguan komunikasi yang meluas. Northern Power Corp. mengatakan lebih dari 5,7 juta pelanggan terpengaruh oleh badai, meskipun pasokan listrik telah dipulihkan ke 4,2 juta.

Hanya di Thai Binh saja, kerusakan awal diperkirakan sekitar 2 triliun dong (setara Rp1,2 triliun), menurut situs web berita Lao Dong.

China Petroleum & Chemical Corp mengatakan di WeChat bahwa kilang-kilangnya di Hainan telah rusak akibat topan, meskipun tidak menyebutkan dampak apa pun pada produksi.

Yagi juga merusak sejumlah turbin angin di pulau tersebut di Wenchang, tempat topan mendarat. Peralatan tersebut dipasok oleh Windey Energy Technology Group Co sebagai bagian dari proyek yang sedang dikembangkan oleh Huaneng Power International Inc, menurut outlet berita lokal Jiemian. Juru bicara Windey mengatakan turbin-turbin tersebut memenuhi standar nasional, tetapi kecepatan angin melebihi kecepatan maksimum yang dirancang untuknya.

Tempat-tempat wisata populer Sanya di Hainan telah dibuka kembali, kata Xinhua, mengutip otoritas lokal.

(bbn)

No more pages