Logo Bloomberg Technoz

Korban Tewas Topan Yagi di China & Vietnam Bertambah Jadi 60

News
09 September 2024 17:00

Kerusakan akibat Topan Yagi. (Sumber: Bloomberg)
Kerusakan akibat Topan Yagi. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Topan Super Yagi telah menyebabkan lebih dari 60 orang tewas atau hilang di seluruh Vietnam utara dan China selatan, merusak pertanian dan infrastruktur energi.

Yagi adalah topan musim gugur terkuat yang melanda China sejak 1949, menurut laporan Xinhua News Agency yang mengutip Administrasi Meteorologi China. Ini adalah topan yang ke-11 sepanjang musim ini.

Menurut laporan pemerintah, di Vietnam utara, 59 orang tewas atau hilang setelah topan tersebut menyebabkan tanah longsor dan banjir. Setidaknya empat orang meninggal di provinsi Hainan selatan China, menurut CCTV. Hampir satu juta penduduk telah dievakuasi di pulau tersebut dan provinsi Guangdong yang berdekatan ketika topan mendekat.

Yagi tiba di China dua kali pada Jumat (06/09/2024), pertama kali di Hainan dan kemudian Guangdong. Topan tersebut setara dengan badai Kategori 4 ketika menyerang Hainan, yang dianggap sebagai badai besar yang mampu menimbulkan kerusakan besar. Yagi diturunkan statusnya menjadi depresi tropis pada hari Minggu (08/09/2024), tetapi Pusat Meteorologi Nasional mengatakan hujan lebat masih mengancam beberapa bagian Guangxi dan Yunnan, menurut Xinhua.