Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Kerja 40 Hari di IKN, Ada Rapat Kabinet Paripurna Terakhir

Redaksi
09 September 2024 16:20

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memboyong seluruh menteri dan pejabat negara dalam Kabinet Indonesia Maju ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Rencananya, Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin akan menggelar sidang kabinet paripurna terakhir, Kamis depan (12/9/2024).

Hal ini diungkap Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat memberi respon tentang status surat pengunduran dirinya karena ingin maju sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta. Dia mengklaim, masih terlibat aktif dalam persiangan sidang paripurna tersebut.

"Besok, hari Kamis, pun saya harus mempersiapkan sidang kabinet paripurna terakhir di IKN," kata Pramono di Kompleks DPR, Senin (9/9/2024).

Sekretariat Kepresidenan memang memberikan konfirmasi Jokowi akan kembali menjalankan tugas pemerintahannya dari Istana Garuda, kawasan IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Kali ini akan berlangsung cukup panjang hingga 40 hari yaitu 11 September hingga 19 Oktober 2024 -- satu hari sebelum pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wapres 2024-2029.

Sebelumnya, Jokowi sudah sempat mulai menjajal tinggal dan bekerja dari Istana Garuda selama hampir satu pekan, 11-15 Agustus 2024. Dia juga sempat menggelar rapat kabinet paripurna dan sejumlah rapat lainnya sebelum kembali ke DKI Jakarta untuk pidato nota keuangan pada 16 Agustus 2024.