Logo Bloomberg Technoz

Boeing Kabulkan Tuntutan Serikat Pekerja, Naikkan Gaji 25%

News
09 September 2024 14:30

Boeing.
Boeing.

Julie Johnsson - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co dan serikat pekerja terbesarnya mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan penting untuk menghindari pemogokan yang berpotensi melumpuhkan produsen pesawat terbang AS yang sudah bermasalah tersebut.

Tawaran tersebut mencakup kenaikan upah sebesar 25% selama empat tahun dan komitmen untuk membangun pesawat Boeing berikutnya di daerah Seattle, kedua belah pihak mengatakan dalam pernyataan terpisah.

Ada beberapa pemanis finansial jika para pekerja menerima kesepakatan tersebut, termasuk kenaikan gaji sebesar 11%, bersama dengan bonus US$3.000 yang akan dibayarkan pada akhir bulan. Terobosan ini muncul setelah sesi tawar-menawar secara maraton, dengan ancaman mogok kerja yang membayangi setelah kontrak yang berlaku saat ini berakhir pada tengah malam tanggal 12 September.

Kesepakatan ini menjanjikan kemenangan yang signifikan bagi CEO Boeing yang baru, Kelly Ortberg, dan janjinya untuk memperbaiki hubungan kerja yang telah lama bermasalah. Namun, masih terlalu dini untuk mengetahui apakah para pekerja akan mengikuti atau menentang kepemimpinannya, dengan sentimen anti-manajemen yang masih tinggi di lantai pabrik.