Logo Bloomberg Technoz

BOJ Disebut Bakal Naikkan Suku Bunga pada Akhir Tahun

News
09 September 2024 13:20

Bendera Jepang. (Dok: Bloomberg)
Bendera Jepang. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank of Japan (BOJ) masih dalam posisi untuk menaikkan suku bunga lagi pada akhir tahun mengingat gejolak pasar baru-baru ini tidak memiliki dampak yang berkelanjutan, menurut mantan pejabat senior di pengawas keuangan Jepang. 

"Meskipun pasar mengalami gejolak dalam satu atau dua bulan terakhir, saya rasa tidak ada hilangnya kepercayaan diri di pasar," kata Tomoko Amaya, yang berbicara di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bund di Shanghai pada akhir pekan lalu.

"Yang penting bukanlah tingkat harga ekuitas, atau tingkat gejolak, tetapi tingkat kepercayaan," ujarnya, dengan menambahkan bahwa ada kembalinya stabilitas yang cukup untuk mempertahankan kenaikan suku bunga tahun ini dan bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan menguntungkan bank-bank.

Menyusul gejolak pasar bulan lalu, Deputi Gubernur BOJ Shinichi Uchida mengatakan bahwa bank sentral tidak akan menaikkan suku bunga ketika pasar tidak stabil. Sejak saat itu, Gubernur Kazuo Ueda telah mendukung sikap deputinya, sementara juga menegaskan bahwa BOJ akan terus menaikkan suku bunga jika data menunjukkan bahwa perekonomian dan harga-harga di Jepang mengikuti pandangan bank sentral.