Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Akan Validasi Pengguna Pertalite dengan Data Korlantas

Dovana Hasiana
09 September 2024 12:20

Dok: Pertamina
Dok: Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengatakan PT Pertamina (Persero) bakal memvalidasi data pengguna yang mendaftarkan kendaraannya untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan basis data (database) milik Korps Lalu Lintas (Korlantas).

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan database tersebut diperoleh berdasarkan hasil kerja sama antara BPH Migas, Pertamina, dan Korlantas.

“Pada saat masyarakat mendaftarkan di [program] Subsidi Tepat, Pertamina akan memvalidasi dengan mencocokkan dengan database Korlantas,” ujar Erika kepada Bloomberg Technoz, Senin (9/9/2024).

Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga mengatakan terus mendorong masyarakat pengguna Pertalite untuk mendaftarkan kendaraannya dan mendapatkan QR Code. 

Petugas mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Hingga 2 September 2024 tercatat 4,12 juta nomor polisi (nopol) telah terverifikasi dan bertransaksi di SPBU menggunakan QR Code. Pendaftaran QR Code berlaku untuk kendaraan roda 4.