Logo Bloomberg Technoz

Harga Vaksin Mpox Tinggi, Pembelian Jutaan Dosis Afrika Terhalang

News
09 September 2024 12:11

Ilustrasi vaksin cacar. (Envato/YuriArcursPeopleimages)
Ilustrasi vaksin cacar. (Envato/YuriArcursPeopleimages)

Sanne Wass dan Janice Kew - Bloomberg News

Bloomberg, Harga vaksin Mpox buatan Bavarian Nordic A/S akan menjadi penghalang utama dalam pembicaraan pembelian jutaan dosis vaksin untuk Afrika dan perusahaan farmasi asal Denmark ini terus ditekan untuk menurunkan harga. 

Di saat tahap pertama lebih dari 200 ribu dosis vaksi Mpox tiba di Republik Demokratik Kongro, perundingan yang dipimpin oleh badan-badan dunia termasuk UNICEF, untuk mendapatkan lebih banyak vaksin bagi negara-negara Afrika yang dilanda krisis penyakit ini berlangsung. Kesepakatan awal dijadwalkan tercapai pertengahan September ini. 

Bavarian Nordic, satu dari sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi vaksin yang telah mendapat izin, akan menjadi pemasok utama dari hingga 12 juta dosis yang hendak dibeli oleh badan-badan dunia itu hingga 2025. Langkah ini diambil untuk mengatasi wabah Mpox yang telah dinyatakan sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat global. 

Namun, dengan harga yang jauh lebih tinggi dari kebanyakan vaksin yang biasa digunakan untuk imunisasi di Afrika, biaya menjadi penghalang utama dalam memesan vaksin itu lebih banyak lagi.