Logo Bloomberg Technoz

Penambahan lapangan kerja AS pada Agustus memang lebih banyak dibanding bulan Juli meski angkanya di bawah prediksi pasar sedangkan tingkat pengangguran sesuai ekspektasi. 

Sementara tingkat konsumsi pribadi tercatat naik ke 2,9% dari tadinya 2,3%, disusul oleh kenaikan pendapatan dan belanja pribadi pada Juli yang naik dibanding bulan sebelumnya, menyisakan kekhawatiran potensi kenaikan inflasi lagi.

Pekan ini, Amerika akan melaporkan data inflasi CPI dan PPI bulan Agustus.

Hasil konsensus ekonom dan pelaku pasar sejauh ini memperkirakan, inflasi IHK Amerika pada Agustus akan menurun ke 2,6% dari bulan Juli sebesar 2,9%. Secara bulanan, inflasi IHK Agustus negeri terbesar itu diprediksi stagnan sebesar 0,2%, sama dengan Juli angkanya.

Inflasi inti IHK pada Agustus diprediksi sebesar 0,2% secara bulanan dan 3,2% secara tahunan. Angka inflasi inti diprediksi tidak berubah dibanding bulan sebelumnya.

Sementara inflasi harga produsen diprediksi naik 0,1% bulan lalu, dan secara tahunan diperkirakan turun ke 1,7% dari 2,2% sebelumnya. Sedangkan inflasi inti PPI diprediksi 0,2% month-to-month dan 2,4% secara tahunan.

(rui)

No more pages