Logo Bloomberg Technoz

Kalender Ekonomi: Data Inflasi AS Terakhir sebelum FOMC The Fed

Ruisa Khoiriyah
09 September 2024 08:50

Inflasi AS menurun. (Dok: Bloomberg)
Inflasi AS menurun. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah serial data pendapatan dan pengeluaran pribadi yang disusul oleh data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS), kalender ekonomi pekan ini akan menarik perhatian pelaku pasar pada rilis data inflasi Indeks Harga Konsumen (CPI) dan Indeks Harga Produsen (PPI).

Data indeks harga itu akan menjadi data final sebelum Federal Reserve menggelar pertemuan (FOMC) yang paling diantisipasi pasar, pada 18 September nanti.

Hasil konsensus ekonom dan pelaku pasar sejauh ini memperkirakan, inflasi IHK Amerika pada Agustus akan menurun ke 2,6% dari bulan Juli sebesar 2,9%. Secara bulanan, inflasi IHK Agustus negeri terbesar itu diprediksi stagnan sebesar 0,2%, sama dengan Juli angkanya.

Inflasi inti IHK pada Agustus diprediksi sebesar 0,2% secara bulanan dan 3,2% secara tahunan. Angka inflasi inti diprediksi tidak berubah dibanding bulan sebelumnya.

Sementara inflasi harga produsen diprediksi naik 0,1% bulan lalu, dan secara tahunan diperkirakan turun ke 1,7% dari 2,2% sebelumnya. Sedangkan inflasi inti PPI diprediksi 0,2% month-to-month dan 2,4% secara tahunan.