Logo Bloomberg Technoz

Angka-angka tersebut dirilis pada Jumat (6/9/2024) sore, dan mewakili posisi net-long terendah berdasarkan data yang merentang sejak Maret 2011. Sentimen memburuk muncul di tengah-tengah penurunan harga dalam beberapa hari terakhir, didorong oleh kekhawatiran tentang permintaan di AS dan China dan diperburuk oleh aksi jual besar-besaran dari reksa dana berbasis algoritme.

Hedge funds. (Dok: Bloomberg)

Bijih Besi

Bijih besi telah menjadi korban yang paling jelas di antara komoditas-komoditas lain dari krisis properti China. Bahan baku untuk pembuatan baja ini turun sekitar sepertiganya tahun ini, dan sekarang diperdagangkan jauh di bawah level kunci US$100 per ton.

Perusahaan tambang BHP Group Ltd mengatakan bahwa harga seharusnya mendapat dukungan dalam kisaran antara US$80 hingga US$100 karena tambang-tambang berbiaya tinggi dipaksa untuk ditutup, tetapi pandangan yang dipegang secara luas itu dapat diuji jika pemulihan baja pasca-musim panas di China mengecewakan.

Bijih besi. (Dok: Bloomberg)

Baterai

Perusahaan-perusahaan penyimpan baterai akan memiliki pameran yang besar di RE+, konferensi energi bersih terbesar di Amerika Utara yang akan dimulai minggu ini di Anaheim, California. Perusahaan-perusahaan listrik dan pengembang energi terbarukan memasang lebih banyak baterai untuk membantu mengintegrasikan energi surya dan angin yang semakin meningkat.

Baterai dapat diisi ketika energi bersih berlimpah dan murah, lalu digunakan ketika matahari tidak bersinar atau angin tidak bertiup. Pasar global untuk sistem penyimpanan energi diperkirakan akan meningkat hampir dua kali lipat pada akhir dekade ini, menurut BloombergNEF.

Baterai. (Dok: Bloomberg)

Canola

China telah memulai penyelidikan anti-dumping terhadap impor kanola Kanada di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan setelah Kanada memberlakukan tarif terhadap kendaraan listrik, baja, dan aluminium buatan China.

Kanada merupakan salah satu produsen dan pemasok utama dunia untuk biji minyak yang dikenal dengan nama kanola. Kanada diperkirakan akan merebut kembali peringkat No. 1 untuk produksi pada tahun pemasaran 2024/25, mengakhiri tiga tahun berturut-turut Uni Eropa sebagai produsen teratas, menurut perkiraan Departemen Pertanian AS.

Kanada diperkirakan menyumbang hampir 23% dari produksi global. Lebih dari 90% impor biji raps China tahun lalu berasal dari Kanada.

Kanola (Dok: Bloomberg)

Bahan Bakar Nabati

Perundang-undangan baru di Brasil dirancang untuk mendukung para petani dengan mendorong permintaan tambahan ke arah bahan bakar nabati--dan menjauhi bahan bakar fosil yang diproduksi oleh perusahaan minyak raksasa yang dikendalikan oleh pemerintah, Petroleo Brasileiro SA.

Pemerintahan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva menciptakan mandat yang lebih luas untuk etanol dan biodiesel, yang memperkuat strategi Brasil dalam mengandalkan hasil panennya yang melimpah untuk mengatasi transisi energi. Brasil sudah menjadi konsumen bahan bakar nabati yang sangat besar, memproduksi mobil-mobil berbahan bakar fleksibel yang dapat berjalan hanya dengan etanol.

Biofuel (Dok: Bloomberg)

(bbn)

No more pages