Logo Bloomberg Technoz

Kemenperin Beri Sinyal Kuota Subsidi Motor Listrik Akan Ditambah

Pramesti Regita Cindy
08 September 2024 17:00

Calon pembeli melihat motor listrik Yadea di Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Calon pembeli melihat motor listrik Yadea di Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Perindustrian menyatakan masih mempertimbangkan untuk menambah kuota subsidi motor listrik (molis), setelah kuota untuk 2024 terserap habis sebelum akhir tahun.

"Terkait dengan pemberian bantuan pembelian [banpel] motor listrik yang kuotanya telah habis, dapat disampaikan bahwa, pada saat ini [kami] sedang melakukan proses asistensi untuk penggantian pembayaran banpel tersebut ke rekening perusahaan yang salah satunya melalui dukungan percepatan pengurusan STNK [surat tanda nomor kendaraan]," kata Plt Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Putu Juli Ardika saat dihubungi, dikutip Minggu (8/9/2024).

Putu menegaskan Kemenperin juga turut mempelajari kemungkinan penambahan kuota subsidi. Jika disetujui, penambahan kuota akan diumumkan secara resmi dan dapat dilihat melalui laman Sisapira (Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua).

"Secara internal kami sedang mempertimbangkan untuk melakukan penambahan kuota dan apabila disetujui adanya tambahan kuota tersebut, maka dapat [langsung] dilihat melalui landing page Sisapira," tegasnya. 

Pengunjung melihat motor listrik Keeway dalam ajang PEV 2024 di JIExpo, Jakarta, Selasa (30/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan justru telah lebih dahulu memastikan pemerintah bakal melanjutkan program subsidi motor listrik, setelah kuota untuk 2024 telah terserap habis.