Logo Bloomberg Technoz

Evaluasi Program Subsidi Motor Listrik Usai Kuota 2024 Ludes

Pramesti Regita Cindy
08 September 2024 15:30

Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor. (Dok kemenperin.go.id)
Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor. (Dok kemenperin.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Perindustrian menyampaikan hasil evaluasi sementara terkait dengan program insentif untuk pembelian kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) roda dua alias 'subsidi  motor listrik', yang kuotanya habis  terserap untuk tahun ini.

Menurut Plt Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Putu Juli Ardika, dengan adanya subsidi ini, animo masyarakat terhadap motor listrik meningkat secara signifikan. Hal ini juga turut dipicu oleh berbagai faktor yang mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

"Berdasarkan hasil evaluasi sementara, didapatkan data bahwa, terdapat kenaikan animo masyarakat untuk menggunakan motor listrik yang secara masif dan signifikan. [Selain itu] masyarakat merasakan manfaat saving cost dibandingkan dengan penggunaan kendaraan konvensional," jelas Putu saat dihubungi, baru-baru ini.

Penjualan motor listrik di Jakarta, Senin (6/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Selain itu, Putu menekankan bahwa ketersediaan jenis motor listrik yang beragam memudahkan masyarakat dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berkontribusi pada tingginya permintaan dalam program subsidi yang diselenggarakan sebelumnya.

"Kemudahan jaringan lokasi aftersales juga turut meningkatkan kenaikan animo tersebut," sambungnya.