Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Ciptakan Komputer Super, Klaim Jadi Paling Kuat

Dovana Hasiana
08 September 2024 14:30

Elon Musk, CEO Tesla. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk, CEO Tesla. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Taipan Elon Musk telah membangun superkomputer baru yang diberi nama Colossus. Musk menyebut alat ini didukung oleh 100.000 cip AI Nvidia, yang jumlahnya jauh lebih banyak daripada sistem AI tunggal mana pun yang pernah ada di dunia. 

Dibangun di Tennessee oleh perusahaan rintisan kecerdasan buatannya, xAI, Musk mengumumkan pada Senin bahwa pusat data itu akhirnya dapat digunakan secara online setelah dirakit selama 122 hari, yang merupakan sebuah rekor menurut Nvidia.

"Colossus adalah sistem pelatihan AI terkuat di dunia," kata Musk dalam sebuah tweet, dilansir Futurism, Minggu (8/9/2024). 

Superkomputer itu dibangun dengan unit pemrosesan grafis Nvidia H100, yang merupakan perangkat keras paling diincar untuk melatih dan menjalankan sistem AI generatif, seperti chatbot AI dan generator gambar.

Musk mengklaim dalam beberapa bulan, Colossus akan "berlipat ganda" ukurannya menjadi 200.000 cip AI, yang akan mencakup 50.000 GPU H200. Versi yang lebih baru akan memiliki kapasitas memori hampir dua kali lipat dari pendahulunya, dan bandwidth 40% lebih banyak.