Logo Bloomberg Technoz

Korut Kirim Balon Sampah Lagi ke Korsel, Sudah 5 Hari

Redaksi
08 September 2024 14:00

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korea Utara (Korut) mengirimkan lebih banyak balon sampah ke arah Korea Selatan (Korsel) pada Minggu (8/9/2024), kata militer Korsel, yang menandai hari kelima peluncuran balon sampah secara beruntun. 

Kepala Staf Gabungan (JCS) mengatakan bahwa Korut melanjutkan kampanye balon sampahnya sekitar pukul 9 pagi, hanya beberapa jam setelah menerbangkan sekitar 200 balon pada Sabtu malam.

"Mempertimbangkan keselamatan rakyat kami sebagai prioritas utama, militer akan merespons dengan tegas dan tenang sesuai dengan panduan," kata JCS, melansir Yonhap News.

Menanggapi peluncuran balon tersebut, militer Korsel telah menyiarkan siaran propaganda anti-Korut setiap hari melalui pengeras suara di perbatasan sejak 21 Juli. Militer Korsel menahan diri untuk tidak menembak jatuh balon-balon itu secara langsung, dengan alasan masalah keamanan.

Sekitar 50 bundel sampah mendarat di ibu kota dan Provinsi Gyeonggi dari peluncuran hari Sabtu, tetapi tidak ada bahan berbahaya yang ditemukan, kata JCS. Sampah-sampah itu sebagian besar terdiri dari kertas bekas, potongan plastik, dan botol plastik.