Logo Bloomberg Technoz

Australia Akan Kirim Menkeu ke China Pertama Kalinya Sejak 2017

News
08 September 2024 13:30

China-Australia (Dok: Bloomberg)
China-Australia (Dok: Bloomberg)

Richard Henderson - Bloomberg News

Bloomberg, Jim Chalmers akan mengunjungi China bulan ini dalam lawatan pertama Menteri Keuangan Australia dalam tujuh tahun terakhir, ketika kedua negara menghadapi ketegangan geopolitik dan melambatnya pertumbuhan di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

Chalmers akan bertemu dengan para pejabat senior di Beijing pada minggu terakhir September yang ia gambarkan sebagai "dialog ekonomi strategis" yang akan mencakup diskusi tentang pembatasan perdagangan, peraturan investasi asing, dan area-area sensitif seperti mineral-mineral penting, ujarnya pada Minggu (8/9/2024) di Televisi ABC.

Bendahara negara tersebut mengatakan bahwa ia akan mendiskusikan "isu-isu seperti pembatasan perdagangan," dan "membandingkan catatan-catatan mengenai bagaimana kita melihat ekonomi global." Pembatasan investasi asing di Australia juga akan dibahas, mengingat adanya rencana reformasi.

"Saya ingin memperkuatnya di bidang-bidang seperti mineral penting, infrastruktur penting, data penting, dan saya ingin merampingkannya untuk bidang-bidang yang tidak terlalu mengkhawatirkan," kata Chalmers.