Logo Bloomberg Technoz

Singapura Akan Bangun Terminal Mega Bandara Changi pada 2025

News
08 September 2024 11:30

Pelancong tengah melintas di Jewel Changi Airport Singapura (Lauryn Ishak/Bloomberg)
Pelancong tengah melintas di Jewel Changi Airport Singapura (Lauryn Ishak/Bloomberg)

Adam Majendie dan Harry Suhartono - Bloomberg News

Bloomberg, Singapura akan memulai pembangunan terminal besar baru di Bandara Changi pada paruh pertama tahun depan. Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas penanganan penumpang tahunan di pusat penerbangan ini lebih dari setengahnya, ujar Perdana Menteri Lawrence Wong.

Terminal 5 yang baru akan menambah kapasitas 50 juta penumpang per tahun saat beroperasi pada pertengahan tahun 2030, meningkat dari 90 juta, dan memungkinkan pusat penerbangan ini untuk melayani lebih dari 200 tujuan, dari yang ada saat ini, yaitu hampir 150 tujuan.

"Kami akan memulai pembangunan T5 pada paruh pertama tahun depan," kata Wong pada acara makan malam pada Jumat (6/9/2024) untuk merayakan ulang tahun ke-40 otoritas penerbangan sipil Singapura.

Bandara Changi merupakan bandara tersibuk di Asia Tenggara, yang melayani hampir 60 juta penumpang pada tahun lalu seiring dengan pulihnya perjalanan internasional akibat pandemi Covid-19. Pada paruh pertama tahun ini, lalu lintas penumpang di Changi kembali ke hampir 100% dari tingkat sebelum pandemi, kata Wong.