Logo Bloomberg Technoz

ECB Siap Pangkas Suku Bunga Lagi, Langkah Pemanasan Bagi The Fed

News
08 September 2024 11:00

Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)

Craig Stirling dan Vince Golle - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa mungkin akan memangkas suku bunga pada Kamis (12/9/2024) sebagai pendahuluan untuk langkah AS pada minggu berikutnya karena siklus moneter global condong ke arah pelonggaran yang lebih tersinkronisasi. 

Para pejabat zona euro telah mengisyaratkan bahwa mereka akan memberikan pengurangan kedua dalam biaya pinjaman, menindaklanjuti langkah pada Juli, yang akan dicermati oleh para investor yang mencari niat para pembuat kebijakan untuk langkah lebih lanjut di akhir tahun ini. Setidaknya satu penurunan lagi kemungkinan akan terjadi pada tahun 2024.

Keputusan suku bunga ECB. (Dok: Bloomberg)

Bersamaan dengan pergerakan suku bunga 4 September dari Bank of Canada, waktu pertemuan ECB--beberapa hari sebelum penurunan awal Federal Reserve yang diharapkan pada 18 September--menggarisbawahi bagaimana negara-negara maju yang besar saat ini bergeser lebih banyak seiring dengan para pejabat yang beralih untuk mendukung pertumbuhan ekonomi karena mereka menilai risiko inflasi telah memudar.

Di zona euro, pelonggaran dalam ukuran utama pertumbuhan upah selama kuartal kedua akan membantu para pembuat kebijakan. Demikian pula, laporan harga konsumen AS yang akan dirilis pada Rabu (11/9/2024) dapat memberikan kepastian kepada para pejabat the Fed bahwa tekanan inflasi mulai stabil, menyusul data pada Jumat yang menunjukkan perekrutan tenaga kerja di AS yang tidak sesuai dengan perkiraan.