Logo Bloomberg Technoz

Kekayaan Presiden Rusia Putin Disebut Nyaris Saingi Elon Musk

Dovana Hasiana
08 September 2024 10:00

Presiden Rusia Vladimir Putin (Dok Kremlin)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Dok Kremlin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Misi untuk memberikan sanksi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin terus terbukti sulit karena diduga terus menyembunyikan aset dan kekayaan penuhnya di balik skema yang rumit, tetapi para ahli percaya bahwa Putin dapat menyaingi kekayaan bersih pengusaha terkaya seperti Elon Musk. 

"Total kekayaan Putin tetap menjadi misteri, bahkan bagi badan intelijen Amerika Serikat," ujar analis intelijen militer strategis dan penulis Putin's Playbook, Rebekah Koffler, dilansir Fox Business, Minggu (8/9/2024). 

"Sangat sulit untuk menentukan angka pastinya dengan akurat karena pada dasarnya itu adalah jaringan laba-laba yang terdiri dari aset rahasia, transaksi dan rekening luar negeri, beberapa kepemilikan anggota keluarganya dan lingkaran dalamnya yang sangat kecil, tersebar di antara berbagai bank, properti, di seluruh dunia," kata Koffler kepada Fox Business.

Koffler menyebutkan properti Putin termasuk istana, pesawat terbang, helikopter, kapal pesiar, mobil, dan barang-barang mewah.  

"Pada akhirnya, kekayaan Putin mungkin menyaingi Elon Musk dan pengusaha Barat sejenisnya."