Logo Bloomberg Technoz

Fed Harus Pastikan Pemangkasan Suku Bunga Akan Cukup Jaga Ekonomi

News
08 September 2024 09:30

Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Federal Reserve akan mulai mengurangi kampanye pengetatannya bulan ini seiring dengan mendinginnya inflasi dan melambatnya pasar tenaga kerja. Pertanyaan besar yang dihadapi para pembuat kebijakan saat ini adalah apakah penurunan suku bunga yang kecil akan cukup untuk menjaga ekonomi dalam mode ekspansi.

Laporan pekerjaan bulanan pada Jumat (6/9/2024) menunjukkan laju perekrutan di AS melambat selama tiga bulan terakhir menjadi yang paling lambat sejak dimulainya pandemi pada tahun 2020.

Meski begitu, angka-angka tersebut membuat investor skeptis apakah para pejabat The Fed akan memilih penurunan suku bunga yang sangat besar pada pertemuan 17-18 September. 

Rilis tersebut memicu perdebatan sengit antara orang-orang seperti Gubernur The Fed Jerome Powell, yang terbuka terhadap penurunan yang lebih besar untuk memastikan bank sentral tidak tertinggal di belakang kurva, dan pejabat lain yang "masih mengoceh tentang seperempat poin," menurut Diane Swonk, kepala ekonom di KPMG. Pertaruhannya tinggi.