Logo Bloomberg Technoz

Trump, yang telah lama menganut kebijakan perdagangan proteksionis, mengatakan bahwa dolar telah "dikepung" selama delapan tahun. China, India, Brasil, Rusia, dan Afrika Selatan mendiskusikan dedolarisasi pada pertemuan tahun lalu.

Sebaliknya, Trump mengatakan bahwa ia ingin dolar tetap menjadi mata uang cadangan dunia, sebuah janji yang ia tegaskan pada rapat umum Sabtu.

Meskipun dominasi dolar telah berkurang dalam beberapa dekade terakhir, mata uang AS masih menyumbang 59% dari cadangan devisa resmi pada kuartal pertama tahun 2024, dengan euro berada di urutan kedua dengan hampir 20%, menurut Dana Moneter Internasional.

Wisconsin adalah salah satu negara bagian yang paling penting dalam persaingan antara Trump dan saingannya dari Partai Demokrat, Kamala Harris. Keduanya berjuang untuk mendapatkan dukungan dari para pemilih kelas pekerja di negara bagian ini, yang merasa tidak nyaman dengan agenda ekonomi Presiden Joe Biden dan tertarik pada daya tarik populis Trump.

Jajak pendapat Bloomberg News/Morning Consult yang dirilis minggu lalu menunjukkan Harris memimpin di Wisconsin dengan selisih 8 poin persentase, keunggulan terbesar yang ia miliki di antara tujuh negara bagian yang menjadi medan pertarungan dalam jajak pendapat tersebut.

Kampanye Trump di Wisconsin menutup rangkaian kampanye yang mencakup Pennsylvania dan North Carolina, serta singgah di kampung halamannya di New York City, di mana ia menyampaikan pidato yang berfokus pada ekonomi dan mengadakan konferensi pers.

Harris menghabiskan Sabtu di Pennsylvania untuk mempersiapkan debat pada Selasa (3/9/2024) dengan Trump, ujian besar berikutnya yang dapat mengubah arah persaingan yang semakin dekat.

(bbn)

No more pages