Logo Bloomberg Technoz

Warning Bos Intelijen AS-Inggris: Aliansi Iran-Rusia Makin Erat

News
08 September 2024 08:00

Ilustrasi intelijen dalam aksi pemantauan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi intelijen dalam aksi pemantauan. (Dok: Bloomberg)

Natalia Drozdiak dan Alex Wickham - Bloomberg News

Bloomberg, Iran akan mengisyaratkan "eskalasi dramatis" dukungan untuk Rusia dengan menyediakan rudal balistik untuk membantu perangnya di Ukraina, demikian ungkap Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA), William Burns.

Burns dan mitranya dari Inggris, Richard Moore, memperingatkan dalam penampilan bersama di London bahwa kerja sama militer antara kedua negara semakin mendalam.

Bloomberg melaporkan pada Jumat (6/9/2024) bahwa Iran mengirim rudal balistik ke Rusia, menentang peringatan berbulan-bulan dari para pejabat AS dan Eropa. Pada acara Financial Times di London pada Sabtu (7/9/2024), Burns menolak untuk mengonfirmasi bahwa transfer tersebut telah terjadi.

"Jika Iran mengirim rudal balistik dalam bentuk apa pun, baik jarak dekat maupun jenis lainnya, ini akan menjadi eskalasi dramatis dari kemitraan pertahanan tersebut," ujarnya. Jika rudal-rudal tersebut digunakan di medan perang di Ukraina, "hal ini akan menjadi sangat jelas," ujar Moore, kepala badan intelijen luar negeri Inggris, MI6.