Logo Bloomberg Technoz

Hampir 420.000 penduduk di Hainan dievakuasi menjelang Yagi, demikian menurut Xinhua. Lebih dari 570.000 penduduk di Provinsi Guangdong, China Selatan, telah direlokasi, kata Xinhua dalam laporan terpisah.

Badai ini diperkirakan akan menjadi badai terkuat yang menghantam pantai selatan China sejak tahun 2014, Xinhua melaporkan pada Kamis (5/9/2024), mengutip pertemuan antara beberapa departemen pemerintah termasuk Asosiasi Meteorologi China.

Semua penerbangan masuk dan keluar dari Kota Haikou di Hainan sebelum pukul 12 malam pada Minggu akan dibatalkan, Cailian melaporkan. Pemerintah China mengalokasikan 200 juta yuan (US$28,2 juta) untuk Provinsi Hainan dan Guangdong untuk bantuan bencana, kata Cailian dalam laporan terpisah.

Pihak berwenang di Provinsi Guangdong dan provinsi tetangganya, Guangxi, melakukan persiapan minggu ini untuk melindungi tanaman, termasuk beras dan gula dari dampak topan, menurut pemerintah setempat. Mereka mendesak masyarakat untuk membersihkan parit-parit untuk mengeringkan sawah yang kebanjiran dan memperkuat rumah-rumah kaca.

Badai menghantam Filipina pada awal pekan ini, menewaskan banyak orang dan memaksa ribuan orang mengungsi sebelum akhirnya bergerak ke Laut China Selatan. Topan ini kemudian bergerak ke arah China Selatan, dan menghujani Hong Kong dengan hujan di seluruh Hong Kong. 

Hong Kong membatalkan perdagangan pasar sahamnya yang bernilai US$4,9 triliun pada Jumat setelah biro cuaca memperpanjang peringatan badai, yang kemungkinan besar merupakan yang terakhir kalinya topan memaksa penghentian perdagangan. 

Pusat keuangan ini akan mengakhiri praktik penutupan pasar selama puluhan tahun selama badai besar mulai 23 September. Observatorium Hong Kong menurunkan peringatan badai menjadi Sinyal 3 dan kemudian menjadi angin topan yang kuat, turun dari Sinyal Topan 8--peringatan tertinggi ketiga.

Bandara Internasional Hong Kong, salah satu pusat penumpang dan kargo udara terkemuka di dunia, sebagian besar beroperasi seperti biasa dengan 20% penerbangan dibatalkan atau dijadwal ulang.

(bbn)

No more pages